Penyakit Komplikasi Asam Lambung

Posted on

Penyebab Penyakit Komplikasi Asam Lambung – Tahukah kamu penyebab penyakit komplikasi asam lambung? Asam lambung adalah penyakit yang tidak boleh disepelekan. Pada kondisi yang kronis, Penyakit komplikasi asam lambung bisa menyebabkan kematian si penderitanya. Anda harus mewaspadai penyakit asam lambung ini. Jika anda sudah terlanjur menderita sakit asam lambung, mulailah pola hidup sehat dan makanlah makanan sehat sebelum penyakit ini bertambah parah dan menjadi penyakit komplikasi. Bila sudah terlanjur menjadi penyakit komplikasi, asam lambung bisa menjadi penyebab penyakit kronis lainnya bahkan kanker.

Bahaya Penyakit Komplikasi Asam Lambung – Penyakit komplikasi asam lambung juga biasa disebut sebagai penyakit GERD. Biasanya, pola makan tidak sehat dan tidak teratur menjadi contributor utama seseorang mengalami sakit asam lambung. Terlebih lagi jika tidak ditangani sesegera mungkin dan dengan cara serius, inilah yang menjadi penyebab sakit komplikasi asam lambung.

Nah, jika anda menderita Penyakit komplikasi asam lambung, apa saja yang akan terjadi pada tubuh anda?

• Luka pada dinding esofagus atau tukak esofagus. Luka pada dinding esophagus membuat anda kesulitan untuk menelan, bahkan terkadang menelan terasa sakit.
• Penyempitan saluran esofagus. Iritasi yang terjadi di sekitar salurang esofagus menyebabkan saluran ini menyempit sehingga makanan sukar lewat.
• Esofagus Barrett. Jika iritasi terjadi secara berulang ulang tanpa ditangani serius, akan terjadi perubahan sel sel esofagus. Hal ini dapat menjadi pemicu sakit kanker.
• Kanker esofagus. Dampak paling mengerikan dari penyakit komplikasi asam lambung ialah kanker esofagus. Anda akan kesulitan menelan, disertai penurunan berat badan secara signifikan. Resiko kanker esofagus akan meningkat jika anda seorang perokok dan pecandu alkohol.

Penyakit Komplikasi Asam Lambung

Cara Mencegah dan Pengobatan Penyakit Komplikasi Asam Lambung

Bagaimana Pengobatan Penyakit Komplikasi Asam Lambung?Pertanyaan berikutnya, bagaimana cara mengobati penyakit komplikasi asam lambung? Untuk mengobati penyakit ini, perlu pemeriksaan lebih lanjut, untuk menentukan cara pengobatan yang tepat dan sesuai. Pengobatannya dimulai dengan pengobatan khusus hingga dengan prosedur operasi.

Langkah Awal Pengobatan Penyakit Komplikasi Asam Lambung
Mengobati penyakit komplikasi asam lambung juga bisa dilakukan oleh diri anda sendiri di rumah, apalagi jiga belum dikategorikan sebagai penyakit kronis. Berikut ini hal hal yang bisa anda lakukan untuk meminimalkan resiko penyakit komplikasi asam lambung atau GERD.

• Menurunkan berat badan jika diperlukan.
• Makan dalam porsi kecil tapi lebih sering.
• Jangan langsung berbaring setelah makan
• Hindari cokelat, tomat, makanan berlemak, dan pedas.
• Hindari minum alkohol dan kopi.
• Berhenti merokok.
• Tidur dengan bantal yang agak tinggi untuk mencegah naiknya asam lambung ketika sedang berbaring.
• Hindari stres.
• Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat.

Pengobatan Penyakit Komplikasi Asam Lambung

  • Dengan Cara Pengobatan

Penyakit asam lambung yang anda derita perlu diobati dan ditangani dengan serius sebelum menjalar menjadi penyakit komplikasi. Ada beberapa obat yang bisa anda pilih untuk mengobati penyakit ini, antara lain.

Antasida
Jenis obat yang satu ini tersedia dan dijual bebas di pasaran. Anda bisa dengan mudah menemukan obat ini di apotek terdekat. Fungsi dari antasida adalah untuk menetralisir asam lambung anda. Sebaiknya jangan mengonsumsi obat ini bersamaan dengan obat lain.
Alginat
Alginat berfungsi untuk melindungi dinding perut dan esofagus dari iritasi asam lambung. Sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Anda juga bisa membeli obat ini dengan bebas di apotek tanpa resep dokter.
Prokinetik
Prokinetik berfungsi untuk mempercepat proses pengosongan perut, sehingga mengurangi kesempatan asam lambung untuk naik ke esofagus. Obat jenis ini umumnya memerlukan resep dokter.
QnC Jelly Gamat
QnC Jelly Gamat merupakan obat herbal yang sudah terbukti bisa mengobati penyakit komplikasi asam lambung.

 

  • Dengan Cara Operasi

Jika penyakit asam lambung atau GERD sudah ada di tahap komplikasi bahkan sudah menyebabkan kanker, tahap operasi menjadi penanganan terakhir yang harus dilakukan. Ada beberapa metode operasi untuk menangani penyakit asam lambung, hal ini dilakukan sesuai dengan kondisi pasien.