Penyakit Komplikasi Hipertensi

Posted on

Penyakit Komplikasi Hipertensi – Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan penyakit komplikasi hipertensi? Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah lebih tinggi dari batas normal. Normalnya, tekanan darah ialah 120/80mmhg. Jika melampaui angka tersebut, seseorang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi yang bisa berakibat fatal pada kesehatan. Jika tidak ditangani dengan serius, hipertensi bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, kita tidak boleh menganggap sepele hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kita harus menyadari sedari dini kemudian mengobatinya dengan tepat.

Penyebab Penyakit Komplikasi Hipertensi – Hipertensi dibagi dua jenis, antara lain hipertensi sekunder dan hipertensi primer. Hipertensi sekunder diakibatkan oleh kondisi tertentu seperti kehamilan, gangguan kelenjar tiroid, penggunaan pil KB, konsumsi alcohol, penyalahgunaan NAPZA, dll. Hipertensi primer umumnya tidak diketahui penyebabnya, namun biasanya berpengaruh pada faktor usia, keturunan, obesitas, pola makan dan gaya hidup tidak sehat.

Penyakit Komplikasi Hipertensi

Akibat Penyakit Komplikasi Hipertensi

Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Selain itu, ada beberapa penyakit komplikasi lainnya yang bisa terjadi jika seseorang mengalami hipertensi termasuk serangan jantung dan ginjal. Berikut ini beberapa penyakit komplikasi yang mungkin anda rasakan jika anda memiliki tekanan darah tinggi.

  • Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal dan hipertensi sangatlah berkaitan erat. Mengapa demikian? Karena hipertensi menyebabkan pembuluh darah di ginjal menyempit dan mengalami kerusakan. Hal ini membuat ginjal bekerja lebih berat dalam menyaring darah. Lama kelamaan, kondisi ini membuat ginjal rusak dan menyebabkan gagal ginjal.

  • Serangan Jantung

Tekanan darah tinggi juga mengakibatkan pengerasan dan penebalan pada dinding arteri pembuluh darah jantung anda. Pada akhirnya, jantung akan kekurangan suplay oksigen dan kemungkinan terjadinya serangan jantung menjadi lebih besar. Gejala umum yang akan anda rasakan menjelang serangan jantung ialah sesak nafas dan nyeri di bagian dada.

  • Gagal Jantung

Jika kondisi hipertensi tidak segera ditangani, jantung akan cepat lelah karena ia bekerja lebih keras. Jantung bertugas memompa darah ke seluruh tubuh. Pada kondisi hipertensi, jantung memompa lebih keras. Lama kelamaan kondisi ini membuat jantung rusak dan menyebabkan penyakit gagal jantung. Beberapa gejala gagal jantung antara lain sesak nafas, nyeri dada, bengkak di pergelangan kaki, tangan dan leher.

  • Stroke

Tekanan darah tinggi menyumbat aliran darah ke otak. Darah membawa oksigen dan zat zat penting lainnya untuk disampaikan ke otak dan ke seluruh tubuh. Saat otak tidak menerima asupan oksigen seperti seharusnya, akan terjadi kelumpuhan atau mati rasa di beberapa bagian tubuh.

  • Masalah Mata

Masalah mata juga bisa timbul sebagai akibat dari hipertensi. Hal ini karena hipertensi menyebabkan pembuluh darah di mata menebal dan menyempit. Pada akhirnya akan membuat mata kabur dan menyebabkan kebutaan.

Cara Mengobati Penyakit Komplikasi Hipertensi – Penyakit hipertensi bisa berdampak fatal bagi penderitanya. Maka dari itu, sebaiknya jangan menganggap sepele penyakit ini. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, penyakit ini bisa mengundang berbagai penyakit kronis bahkan mengancam kelangsungan hidup anda. Perlu dilakukan pengobatan dan penanganan penyakit hipertensi. Berikut ini yang bisa anda lakukan jika anda menderita hipertensi:

  • Mengobati Hipertensi Dengan Obat Obatan

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, sebaiknya rutinlah periksakan diri anda ke dokter. Konsumsi obat-obatan yang mengandung kalium, penghambat rennin atau beta blocker, membantu anda mengurangi resiko penyakit komplikasi yang mungkin timbul akibat tekanan darah tinggi.

  • Mengobati Hipertensi Dengan Qnc Jelly Gamat

Qnc jelly gamat merupakan solusi dari berbagai penyakit termasuk tekanan darah tinggi. Qnc jelly gamat juga berfungsi mencegah dari berbagai penyakit ringan maupun kronis. Jika anda mengalami hipertensi, konsumsilah qnc jelly gamat secara rutin untuk meminimalkan resiko penyakit komplikasi akibat hipertensi dan membantu menjaga tekanan darah tetap di angka normal.