Penyakit Komplikasi Jantung dan Ginjal

Posted on

Penyebab Penyakit Komplikasi Jantung dan Ginjal – Bagaimana sih cara mengetahui penyebab penyakit komplikasi jantung dan ginjal? Tahukah anda bahwa seorang penderita penyakit ginjal memiliki kemungkinan cukup besar untuk menderita penyakit jantung? Sakit jantung bisa membuat anda menderita penyakit gagal ginjal, begitupun sebaliknya, penyakit ginjal kronis beresiko membuat anda terkena penyakit jantung. Jantung dan ginjal saling bekerjasama untuk membuat tubuh anda seimbang berdasarkan fungsinya, dan membuang zat zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.

Ginjal berfungsi untuk membersihkan darah, mengatur tekanan darah, memproduksi sel darah merah membuang limbah yang tidak diperlukan oleh tubuh, serta membuang kelebihan air yang ada di dalam tubuh. Tubuh kita memiliki system sedemikian rupa kompleks yang satu sama lainnya akan berhubungan, jika satu rusak maka organ yang lainnya akan ikut rusak pula.

Bahaya Penyakit Komplikasi Jantung dan Ginjal – Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh terutama otak. Darah membawa zat makanan dan oksigen yang berguna untuk kelangsungan hidup manusia. Jika ginjal rusak, jantung akan bekerja jauh lebih keras dari biasanya. Begitupun jika jantung anda bermasalah, ginjal akan cukup kerepotan dalam menjalankan tugasnya.

Jadi, apa sebenarnya penyebab utama dari penyakit jantung dan ginjal?
Lagi lagi, diabetes dan tekanan darah tinggi merupakan dua penyebab utama seseorang mengalami penyakit ginjal kronis dan juga penyakit jantung. Jika tubuh kelebihan glukosa, ada kemungkinan pembuluh darah kecil akan rusak, sehingga ginjal akan kesulitan membersihkan dan menyaring darah. Kelebihan glukosa di dalam tubuh anda juga bisa menyumbat pembuluh darah, sehingga jantung berusaha lebih keras untuk memompa darah, memastikan darah sampai ke seluruh tubuh.

Jantung, darah, dan pembuluh darah membentuk suatu system pengiriman yang disebut system kardiovaskuler. Ginjal merupakan organ penting yang menerima asupan darah, dan jika ginjal rusak ia tidak akan menjalankan fungsinya untuk membersihkan darah dengan baik. Maka dari itu, jika anda memiliki penyakit ginjal, anda berpeluang terkena penyakit jantung begitupun sebaliknya. Lantas bagaimana cara mencegah penyakit komplikasi jantung dan ginjal?

Penyakit Komplikasi Jantung dan Ginjal

Cara Mencegah Penyakit Komplikasi Jantung dan Ginjal

Jadi, hal apa yang sebaiknya kita jalani untuk terhindar dari penyakit komplikasi ginjal dan jantung?

• Pertama, anda harus memiliki gaya hidup sehat, pola makan teratur, dan batasi konsumsi gula. Rajinlah berolahraga setidaknya dua kali dalam seminggu.

• Kedua, anda harus rutin memeriksakan kesehatan ke dokter. Banyak orang yang mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit tertentu setelah penyakit sudah terlanjur menjadi kronis. Jika anda mengetahuinya sejak dini, tentunya pengobatannya akan lebih mudah.

• Ketiga, usahakan tekanan darah tetap di batas normal dengan cara tidak mudah stress, berpikir positif, serta jaga asupan makanan.

• Keempat, bila perlu minumlah suplemen atau multivitamin yang bisa membantu anda menjaga kesehatan tubuh, menyeimbangkan kadar gula dalam darah, serta membuat tubuh anda tetap fit.

• Kelima, jangan pernah menahan keinginan untuk kencing karena hal itu bisa merusak ginjal anda. Kandung kemih yang penuh memberikan tekanan pada ginjal yang lama kelamaan bisa merusak ginjal.

Semoga artikel mengenai penyakit komplikasi ginjal dan jantung ini bisa membantu anda mendapatkan informasi yang anda butuhkan. Dengan gaya hidup sehat dan sikap kewaspadaan, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit komplikasi kronis.