Penyebab Penyakit Paru Paru Basah

Posted on

Mengetahui Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah – Tahukah kamu penyebab dan bahaya dari penyakit paru-paru basah? Ada banyak orang di Indonesia yang mengalami penyakit komplikasi termasuk komplikasi penyakit jantung dan paru. Salah satu penyakit paru yang paling sering terjadi di masyarakat adalah penyakit paru basah. Penyakit ini tidak jarang menyebabkan kematian, jika tidak segera ditangani dengan tepat dan serius. Bagi anda yang merasa seorang perokok dan sering begadang, tentu merasa sedikit khawatir bila paru anda tidak dalam keadaan sehat. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa rokok dan angin adalah dua diantara penyebab paling umum dari paru basah.

Bahaya Penyakit Paru-Paru Basah

Bahaya Penyakit Paru-Paru Basah – Jadi, apa sebenarnya penyebab dari penyakit paru basah?

  • Gaya Hidup Tidak Sehat
    Kebiasaan merokok dan minum alcohol adalah dua dari kebiasaan buruk yang berdampak pada kesehatan anda. Pada kasus tertentu, dua kebiasaan tersebut bisa berakibat sangat fatal hingga menyebabkan kematian. Alcohol dan asap rokok bisa menyebabkan kekebalan tubuh menurun, sehingga mikroorganisme penyebab penyakit paru paru basah bisa mudah masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, mulailah berhenti merokok dan meminum alcohol demi menghindari penyakit paru-paru basah.
  • Daya Tahan Tubuh Yang Rendah
    Daya tahan tubuh yang rendah bisa juga menjadi faktor penyebab terjangkitnya berbagai penyakit. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi, melakukan pola hidup sehat, istirahat teratur, minum suplemen kesehatan bila perlu.
  • Lingkungan Yang Tidak Higienis
    Tinggal di lingkungan yang kotor juga bisa menjadi penyebab utama terjangkit penyakit paru basah. Ada banyak mikroorganisme jahat penyebab berbagai penyakit di sekitar lingkungan yang kotor. Jagalah selalu kebersihan lingkungan dan tempat tinggal anda agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk paru basah.
  • Penularan
    Penyakit paru basah termasuk mudah menular. Jika ada teman atau anggota keluarga anda yang sedang mengalami penyakit paru, maka sebaiknya jangan minum atau makan secara bergantian dengannya. Jangan bergantian barang dengan penderita penyakit paru basah. Ketika virus sudah masuk mulut dan tenggorokan, maka penyakit tidak dapat lagi dihindari.
  • Virus
    Penyakit paru paru basah juga bisa disebabkan oleh virus. Ada yang dinamakan virus RSV, virus ini bisa menyerang bayi dan dewasa. Lebih dari setengah kasus penyakit paru paru basah disebabkan oleh virus RSV ini. Maka dari itu, untuk menghindar dari virus RSV penyebab penyakit paru basah, pastikan Anda memiliki lingkungan yang sehat serta gaya hidup sehat.

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, penting pula bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cirri-ciri penyakit paru-paru basah. Nah, berikut ini adalah ciri-ciri penyakit paru paru basah yang sangat penting untuk anda ketahui sedari dini, sebelum penyakit semakin menjalar dan semakin parah. Yuk kenali apa saja ciri-cirinya!

Pentingnya Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Paru-Paru Basah Sejak Dini

Nafsu makan berkurang secara drastis. Jika anda tiba-tiba kehilangan nafsu makan, ada kemungkinan anda sedang terjangkit penyakit tertentu. Berkurangnya nafsu makan secara drastis disertai penurunan berat badan yang signifikan mengindikasikan penyakit paru yang sudah memburuk.

Batuk disertai lendir. Jika anda mengalami batuk disertai lendir yang umumnya terjadi pada orang yang menderita influenza, namun dalam jumlah lendir yang di luar kewajaran dan diderita dalam waktu cukup lama, ada kemungkinan anda mengalami penyakit paru basah. Maka, anda tidak boleh menganggap sepele batuk disertai lendir. Jika terjadi dalam waktu lebih dari dua minggu, segera periksakan diri anda ke dokter.

Mengalami sesak nafas. Selain batuk berlendir, sesak nafas merupakan gejala yang umum terjadi pada penderita penyakit paru paru basah. Sesak nafas biasanya terjadi di malam hari, atau bahkan kapan saja sekalipun anda tidak dalam keadaan lelah. Jika sesak nafas terjadi di luar kewajaran, ada indikasi anda mengalami penyakit paru basah.

Penyebab Penyakit Paru-Paru Basah

Tubuh berkeringat secara berlebihan. Jika anda sering mengeluarkan keringat secara berlebihan bahkan saat anda sedang tidur sekalipun, jangan anggap remeh kondisi ini. Terlebih lagi jika kondisi ini terjadi terus menerus. Keringat tersebut merupakan respon tubuh karena tubuh anda mengalami kekurangan oksigen akibat paru basah. Bagian yang biasanya sering berkeringat adalah telapak kaki dan telapak tangan.

Merasa cepat lelah. Anda merasa tidak beraktifias berat, tapi tubuh selalu merasa lelah. Mudah lelah dan mudah ngantuk juga merupakan respon tubuh karena suplai oksigen ke dalam tubuh kurang. Dengan demikian, tenaga anda akan cepat terkuras dan anda akan merasa cepat mengantuk.

Mengalami pusing kepala berlebihan. Jika anda sering mengalami pusing dan bahkan pusing berlebihan, bisa jadi mengindikasikan anda sedang terjangkit penyakit paru basah. Ketika asupan oksigen ke dalam tubuh kurang, tubuh akan memberikan berbagai respon termasuk rasa pusing yang sering dan berlebihan.